Perbedaan Oppo Dan Vivo Terbaru 2022

Perbedaan Oppo Dan Vivo 2022

Perbedaan Oppo Dan Vivo – Dalam berapa tahun belakangan di pasar ponsel Indonesia telah banyak di dominain oleh vendor-vendor asal Tiongkok. Raksasa teknologi asal negri gingsel Korea selatan yaitu Samsung yang selama ini mengusai pasar ponsel Indonesia harus rela posisinya di gusur oleh berbagai vendor asal Tiongkok.

Di tahun 2020 brand Vivo sempat mengusai pasar ponsel Indonesia dengan posisi penjualan sampai dengan 25 %, kemudia tempat di bawahnya ada vendor dari negara yang sama yaitu Tiongkok dari brand Oppo yang meraih pasar sebesar 24 %.

Kedua vendor ini sebenernya memiliki induk produksi yang sama yakni BBK Electronics. Sebuah perusahaan multinasional yang telah didirikan pada tahun 1995. Ini juga termasuk dari induk brand yang bernama realme yang saat ini mulai mendominasi pasar ponsel indonesia.

Meski lahir dari perusaan yang sama brand Oppo dan Vivo adalah rival pesaing yang ketat, Oppo dan Vivo ini kerap memimpin pasar ponsel indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

Memang dari perusahaan yang sama tetapi mereka tidak memiliki kesamaan produk di antara brandnya, nah dari pada kalian bingung mau pilih Oppo atau Vivo, yuk simak beberapa ulasan Perbedaan Oppo Dan Vivo.

Perbedaan Hp Oppo Dan Vivo secara lengkap.

 – Siapa yang memiliki spesifikasi yang lebih variatif

Semenjak masuk ke pasar indonesia pada tahun 2013, sudah cukup banyak ponsel yang telah di boyong oleh Oppo untuk masuk ke pasar ponsel indonesia, handphone yang di luncurkan pun memiliki ragam variasi dan spesifikasi. Yang tak lama selanjutnya di tahun 2014 muncul lah brand produk yang bernama Vivo.

Dengan perbedaan waktu yang cukup singkat hanya 1 tahun jumblah produk Oppo lebih banyak di bandingkan produk Vivo, tetapi kalau kita ngomongin harga dan spesifikasi kedua handphone rival ini tidak beda jauh.

Dari spesifikasi penyimpanan, kedua handphone ini memiliki varian ram dengan penyimpanan penyimpanan external yang hampir sama pada handphonenya, dengan varian ram mulai dari 1GB sampai dengan 12GB, sementara penyimpanan externalnya sama yaitu sampai dengan 512GB.

Kalau soal chipset yang di tanamkan di antara kedua handphone tersebut cukup beragam jenis prosesor yang mereka gunakan akan mengikuti kelas dari handphone tersebut, mulai dari kelas dasar, menengah, hingga flagship, dan kedua handphone tersebut ada di berbagai kelas ini.

Kalau kita bicara soal harga kedua handphone ini terbilang tidak beda jauh, dengan mengusung spesifikasi yang hampir mirip, rentang harga yang di tawarkan mereka menjadi hampir sama, di mulai dari harga 1 jutaan hingga puluhan juta, tergantung kelas dan spesikifasi dari handphone tersebut.

Dari kamera dan batrainya pun mereka tidak jauh beda, sama-sama memiliki variasi yang berbeda tergantung varian dari brand tersebut, dan tak luput meluncurkan handphone dengan versi mereka tersendiri mulai dari seri dan tipe sudah mengusung kemampuan fast charging.

Walau variansi dan tipe mereka tidak lebih jauh tetap Oppo memiliki tipe yang lebih banyak dari pada Vivo, mengingat karna Oppo lah yang lebih dulu masuk ke pasar indonesia, maka dari itu kalian lebih bisa memilih dan menentukan dengan leluasa mana ponsel yang cocok dan sesuai dengan spesifikasi yang cocok untuk kalian sesuai kantong tentunya.

 –  Siapa produk yang paling berkualitas

Standar untuk setiap kalangan itu berbeda-beda. Ada yang menilai chipset gede itu bagus, ada juga yang menilai kalau daya tahan batrai besar itu lebih menarik, dan ada juga yang menilai dari durability handphone itu sendiri.

Dengan kemiripan dari spesifikasi yang di usung oleh Oppo dan Vivo, tentu saja kualitas yang mereka tawarkan tidaklah beda jauh, semua pilihan akan kembali ke konsumen yang, tergantung anda membutuhkannya dari segi apa.

Contoh, anda seorang pengemar fotografi maupun vloger yang sangat mengalkan kamera, seri Find X dari Oppo akan lebih tepat menjadi pilihan ketimbang Vivo NEX, tetapi jika ingin memilih kualitas batrai yang lebih besar Vivo NEX bisa menjadi pilihan yang tepat.

Secara umum keduanya memiliki desain bodi dan isian yang menarik, hanya tentang harga saja yang akan menentukan keputusan akhir anda, dan pilihlah produk mana yang lebih cocok untuk isi dompet kalian.

 –  Kekurangan dan kelebihan

Meskipun dari kedua handphone ini memiliki spesifikasi yang bisa di katakan mirip, tentu kedua brand ini tak luput dari kekurangan dan kelebihannya masing-masing, lalu apa saja kekurangan dan kelebihan dari dua handphone rival ini.

 – Kelebihan Handphone Vivo :

Perbedaan Oppo Dan Vivo 2022

  • Desain dari cover handphone tersebut cenderung lebih menarik.
  • Dilengkapi dengan teknologi dual engine dan fast charging yang mampu mengisi daya batrai dengan cepat. Bahkan Vivo mengklaim bahwa produknya jika mengisi daya hanya dalam waktu 5 menit dapat membuat ponsel bertahan saat mendegerkan musik hinga 2jam dan bahkan jika mengisi daya dalam waktu 30menit dapat di gunakan sampai dengan 7 jam.
  • Menghadirkan beragam inovasi menarik dari waktu ke waktu dalam pengenmbangannya produk Vivo selalu mencari cara agar produk-produk dari ponsel ini dapat menjadi varian yang inovatif dan menarik, dari kamera yang tiba-tiba muncul ke atas sampai dengan dua layar yang sudah mulai heboh di perbincangkan.
  • Kemampuan kamera depan dan belakang yang cenderung lebih bagus dari pada handphone dari produk lain, kualitas dari kamera selfie maupun belakang dari Vivo sudah di akuin sebagai salah satu kamera terbaik oleh banyak reviewers yang telah mencoba handphone ini.
  • Meski saat awal masuk ke pasar ponsel Indonesia dengan harga yang cenderung mahal, tetapi sekarang Vivo telah menyesuaikan diri dengan harga persaingan pasar Indonesia, harganya pun sekarang cenderung lebih masuk akal sesuai dengan spesikifasinya masing-masing.

 – Kekurangan Hp Vivo :

  • Design body belakang dari handphone ini masih terlalu banyak mengunakan plastik hinga saat di gengam handphone ini terasa kurang solid dan kokoh.
  • Sebagai handphone buatan dari tiongkok, interface Vivo yaitu FuntouchOS menyerupai IOS buatan dari Apple, interface ini tentu saja membuat Vivo terlihat kurang inovatif karna memiliki kesamaan dengan produk Apple.
  • Meskipun telah hadir cukup lama di pasar ponsel indonesia, produk Vivo lebih fokus menawarkan produk kelas menengahnya, sementara kelas di bawah nya sangat jarang di buat dengan khusus, jadi penguna harus lebih pintar dalam memilih ponsel kelas low end dari brand ini.

 – Kelebihan Oppo :

Perbedaan Oppo Dan Vivo 2022

  • Memiliki desaign cover belakang yang cukup menarik dan berbeda dari pesaing nya.
  • Selalu menghadirkan produk dengan selara pasar.
  • Startegi marketing penjualan yang di kategorikan sangat bagus, selain mengandalan periklanan dan beberapa stasiun tv atau media online lain, Oppo juga sering menjadikan artis ternama untuk menjadi BA nya.
  • Untuk kelas atas dan menengah, Oppo telah menghadirkan fitur fast carging yang bernama VOOC yang dapat mengisi batrai 4x lebih cepat di bandingkan pesaingnya, jadi tidak perlu lagi menunggu waktu yang lama untuk mengisi daya batrai handphone ini.
  • Dengan Kamera depan yang menghasilkan gambar lebih komperatif dengan harga setara, ini sangat berlaku di pasarkan di semua kelasnya, mulai dari kelas bawah, menengah, hinga atas. Hal ini tidak mengherankan mengingat Oppo telah membekali handphone mereka dengan fitur AI Beautify.

 – Kekurangan Oppo :

  • Harga yang di tawarkan banyak di anggap lebih mahal di bandingkan spesikifasi yang di usung.
  • Dengan harga jual yang bisa di kategorikan cukup mahal, sehingga harga handpone Oppo ini akan anjlok saat di jual kembali.
  • Jika di bandingkan dengan beberapa pesaingnya, kualitas cover body yang di tawrkan Oppo pada kelas produksinya di katakan kurang, walau dengan disaign yang cukup menarik, tetapi masih banyak bahan plastik yang di gunakan sehingga saat di gengam serasa kurang menarik.
  • Pada beberapa seri, interface yang di gunakan oleh oppo malah membuat handphonenya jadi berat.
  • Update OS jarang di lakukan, hal ini tentunya cukup merepotkan karna dalam beberapa sisi kalian harus lebih jelih memilih kelas mana yang akan dapat pembaruan sistem OS sehingga tidak perlu menganti handphone saat ada update an OS baru.

Nah, itulah beberapa ulasan singkat tentang perbedaan antara handphone Oppo dan Vivo. Dengan mengetahui lebih banyak soal perbedaan kedua ponsel ini, kamu tentu jadi lebih bisa menentukan mana yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan.