7 Jenis Perangkat Keras Komputer

7 Jenis Perangkat Keras Komputer

 

7 Jenis Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras Komputer yang secara umum mencangkup semua perangkat, device atau komponen maupun yang berbentuk fisik yang dapat dilihat serta dapat diraba.

Jenis pada perangkat keras sangat banyak mulai dari Mouse, Keyboard, Ram, Harddisk, dan masih banyak yang lainnya. Jika anda ingin tahu beberapa perangkat keras pada komputer simak terus artikel ini.

7 Daftar Perangkat Keras Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Dalam dunia komputer Hardware (perangkat keras) merupakan komponen-komponen fisik nyata yang membentuk sebuah sistem pada komputer.

Fungsi pada hardware tersebut untuk membantu kinerja dari komputer itu sendiri. Terdapat banyak komponen Hardware dalam dunia komputer. Berikut ini duniaselular akan memberikan daftar perangkat keras komputer :

Baca Juga : 9 Jenis Prosesor AMD 

1. MotherBoard

7 Jenis Perangkat Keras Komputer

Motherboard adalah papan sirkuit atau papan induk yang memiliki fungsi sebagai tempat terpasangnya komponen-komponen komputer. Seperti Processor, RAM, VGA,Slot VGA, AGP, Slot AGP serta slot-slot untuk menambahkan seperti TV Tuner ataupun Radio Tuner yang terhubung ke MotherBoard.

2. RAM (Random Access Memory)

7 Jenis Perangkat Keras Komputer

RAM atau Random Acces Memory merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data serta-instruksi yang dilakukan atau diberikan oleh prosesor. Ram berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada RAM bersifat sementara.

Jadi pada saat komputer dimatikan, data maupun instruksi yang sedang disimpan oleh RAM akan menghilang kecuali komputer tersebut dalam keadaan sleep atau hibernate.

Singkatnya yaitu Ram merupakan media penyimpan data yang bersifat sementara ketika komputer hidup.

3. CPU (Central Processing Unit)

7 Jenis Perangkat Keras Komputer

CPU adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk mengontrol semua proses atau jalannya sebuah sistem komputer. CPU bertugas melakukan perhitungan aritmatika dan logika pada sebuah komputer.

Pada CPU akan memberikan instruksi untuk menjalankan program yang akan digunakan oleh komputer yang diinput oleh user atau brainware. CPU juga dapat diartikan sebagai otak dari sebuah sistem komputer.

4. Mouse

7 Jenis Perangkat Keras Komputer

Mouse adalah perangkat keras komputer untuk menginput yang berupa operator tangan untuk mengarahkan kursor pada layar. Mouse juga dapat ditemukan dengan kabel maupun tanpa kabel.

Di sini, Mouse harus terhubung ke CPU secara langsung untuk menjalankan fungsinya. Pada bagian mouse, terdapat bola pada bagian atas yang berfungsi untuk menggeser ke bawah dan ke atas.

Setiap mouse digerakkan sebagai upaya mengirimkan instruksi langsung kepada komputer. Tanpa mouse, maka pada setiap pekerjaan yang membutuhkan komputer pastinya akan sulit dilakukan.

5. Keyboard

7 Jenis Perangkat Keras Komputer

Keyboard merupakan salah satu macam perangkat keras komputer yang sangat penting dibutuhkan. Keyboard ini berupa papan yang berisi tombol huruf, simbol, dan berbagai fungsi perintah lain yang bisa digunakan untuk memberi masukan komputer.

Pada umumnya, keyboard digunakan untuk mengetik atau menuliskan teks dan berbagai macam bentuk data lainnya yang sedang dikerjakan. Keyboard dapat ditemui dengan kabel maupun tanpa kabel juga seperti Mouse.

Meskipun begitu, semua jenis Keyboard harus terhubung pada CPU untuk mempermudah pelaksanaan setiap perintah.

6. Harddisk

7 Jenis Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras komputer yang terakhir ini adalah Harddisk yang memiliki fungsi sebagai perangkat untuk menyimpan data secara permanen.

Harddisk biasanya diinstal terlebih dahulu pada CPU atau juga bisa langsung digunakan, namun sebagai perangkat eksternal yang dapat dipasang dan dilepas sesuai kebutuhan.

Karena Harddisk memiliki kemampuan menyimpan data secara permanen, maka pada setiap data yang dimasukkan ke dalam Harddisk akan tetap aman dan tidak akan terhapus seperti RAM. Biasanya Harddisk memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar.

Didalamnya, terdapat kumpulan Disk bertumpukan yang mempunyai permukaan elektromagnetik yang memiliki fungsi untuk menyimpan setiap data di dalamnya. Pada masing-masing Harddisk mempunyai kecepatan pemrosesan yang beragam, tergantung spesifikasi dari jenis Harddisk tersebut yang digunakan.

7. Monitor

7 Jenis Perangkat Keras Komputer

Monitor ini termasuk seperti perangkat keras utama yang harus ada dalam sebuah komputer. Monitor memiliki fungsi untuk menampilkan output atau hasil, video, grafik lain yang berhasil dari perintah CPU.

Desktop yang ditampilan monitor terhubung melalui kabel dan dipasang di kartu video pada komputer pada MotherBoard sistem komputer. Terdapat dua jenis monitor komputer, seperti CRT dan LCD.

CRT merupakan jenis monitor yang biasa ditemukan pada perangkat komputer dengan versi lamanya. Sedangkan LCD adalah jenis monitor dengan bentuk baru yang lebih tipis, ringan, serta lebih mudah digunakan.

Sementara pada laptop dan tablet, tidak mempunyai perangkat monitor yang terpisah. Melainkan bergabung atau menjadi satu sehingga desainnya lebih sederhana dan bisa dibawa kemana saja. Berbeda dengan komputer yang tidak bisa dibawa kemana-mana.

Sumber : Wikipedia