Cara Memperbaiki Baterai Ponsel

Cara Memperbaiki Baterai Ponsel

Cara Memperbaiki Baterai Ponsel – Meskipun mungkin ada beberapa alasan untuk menyebabkan masalah ini, yang utama lebih terkait dengan ‘kebiasaan membawa dan mengisi daya ponsel’ anda daripada yang lainnya. Ya, anda membacanya dengan benar. Jika baterai ponsel anda tidak bertahan lama, hal utama yang harus anda perhatikan adalah bagaimana anda menggunakan perangkat anda, bagaimana anda mengisinya, dan yang/berapa banyak aplikasi yang anda miliki.

Cara Memperbaiki Baterai Ponsel Cepat Habis

Pertama, mari kita cari tahu bagaimana sebenarnya daya baterai anda dikonsumsi. Ponsel Android, untungnya, memiliki opsi “Penggunaan Baterai” ini untuk menunjukkan kepada anda detail konsumsi baterai sejak pengisian daya terakhir anda.

  1. Klik pada Pengaturan
  2. Temukan dan ketuk ‘Tentang Perangkat’
  3. Pilih opsi “Baterai” atau “Penggunaan Baterai”
  4. Di dalamnya, anda akan dapat mengetahui bagaimana baterai dikonsumsi mulai dari
  5. Aplikasi/sistem hingga perangkat keras.
    anda dapat memilih untuk mencopot pemasangan aplikasi yang tidak anda gunakan, tetapi masih menghabiskan baterai. Jika anda menemukan yang berguna menghabiskan banyak daya, anda setidaknya dapat mematikan notifikasi dan pop-up dari aplikasi ini.

Baca Juga : Penyebab Baterai Hp Samsung Cepat Panas

Nyalakan ulang perangkat dan isi daya lagi

Kami biasanya meremehkan kekuatan “Reboot”. Setidaknya kita tahu bahwa itu dapat membuktikan solusi yang efektif untuk berbagai perangkat lunak dan masalah terkait aplikasi.

Reboot membersihkan aplikasi yang terbuka, menyegarkan sistem telepon, dan memuncak pada kebocoran memori. Semua ini pada akhirnya membantu meningkatkan masa pakai baterai di Android. Jadi jangan lupa untuk mencoba trik ini. Nyalakan ulang perangkat anda, lalu isi ulang hingga penuh. anda cenderung mendapatkan hasil yang positif.

Kurangi penggunaan beberapa aplikasi

Mari kita hadapi itu- aplikasi seluler tidak dapat dihindari. Dari phone banking hingga belanja online dan obrolan video hingga penelusuran sosial – mereka tetap menjadi bagian integral dari ‘penggunaan telepon’ anda. Tetapi memiliki terlalu banyak dari mereka dapat menyebabkan masalah baterai android cepat habis. Aplikasi menghabiskan data dan daya untuk memperbarui. Selain itu, mereka terus mengirim pemberitahuan dan menambahkan sepanjang hari, menyebabkan ponsel anda berkedip dan bergetar terus-menerus. Akibatnya, baterai ponsel mulai terkuras lebih cepat dari biasanya. Jadi opsi yang layak adalah mencopot pemasangan aplikasi yang tidak sering anda gunakan. Juga, pastikan untuk menonaktifkan notifikasi dan menambahkan dari aplikasi yang anda tidak bisa menyerah.

Sesuaikan Pengaturan Tampilan

Jika anda ingin memperbaiki masalah baterai ponsel yang cepat habis, berikut beberapa pengaturan tampilan yang kami sarankan untuk anda pilih.

  1. Pertahankan kecerahan layar pada tingkat yang lebih rendah. Jangan atur Kecerahan Otomatis AKTIF. Sebaliknya, simpan secara manual di level yang lebih rendah kecuali anda membutuhkannya lebih tinggi.
  2. Ponsel modern dengan layar AMOLED memungkinkan Mode Gelap di aplikasi tertentu dan bahkan di tingkat sistem. anda harus mencoba ini untuk menghemat sejumlah daya.
  3. Kurangi batas waktu Tidur. Ini akan memastikan layar anda tidak tetap hidup/aktif secara tidak perlu. Durasi terpendek yang dapat anda pilih adalah 15 detik – yang tampaknya baik-baik saja.

Aplikasi Menjalankan Latar Belakang

Beberapa aplikasi, bahkan setelah ditutup, terus memperbarui di latar belakang dan membuat baterai ponsel cepat habis. Tidak salah menyebut mereka pembunuh baterai senyap. Jadi salah satu hal utama yang harus anda lakukan saat melihat baterai Android anda cepat habis adalah menutup aplikasi latar belakang ini.

Untuk melakukan itu, anda harus terlebih dahulu mengaktifkan opsi Pengembang. Arahkan ke Pengaturan> Tentang Ponsel> Nomor Bangun. Ketuk “Build Number” tujuh kali.

Sekarang klik tombol kembali dan temukan Opsi Pengembang. Kemudian ketuk “Menjalankan Layanan”

Di sini anda akan memiliki semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. anda harus (memaksa) menutupnya untuk menghindari konsumsi daya yang tidak perlu.

GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth

anda pasti pernah mengamati bahwa mengaktifkan Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS (Google Map) bisa membuat baterai ponsel anda cepat habis. Jadi jika anda ingin baterai anda berjalan lebih lama, lebih baik anda menonaktifkan fitur-fitur ini kecuali benar-benar diperlukan.

Penting juga untuk memeriksa apakah ada aplikasi yang menggunakan layanan lokasi secara tidak perlu. anda dapat memeriksanya melalui Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan > Izin aplikasi > Lokasi. Periksa dan nonaktifkan akses ke semua aplikasi yang tidak memerlukan layanan lokasi.

Aktifkan Mode Hemat Daya

Mode hemat daya menonaktifkan semua layanan dan fitur yang tidak penting di perangkat anda, menghilangkan banyak beban dari baterai. Layar mungkin tidak terlihat seterang biasanya, tetapi ini membantu pengisian daya baterai berjalan lebih lama. Untuk mengaktifkan mode ini, navigasikan ke Pengaturan > Baterai > Penghemat Baterai.

Gunakan Pengisi Daya Asli

Meskipun ponsel Android hadir dengan antarmuka pengisian daya universal, disarankan untuk mengisi daya ponsel anda dengan pengisi daya asli. Karena pengisi daya palsu (bila digunakan dalam waktu lama) tidak hanya menghambat kinerja baterai, tetapi juga membebani kapasitas untuk menahan pengisian daya. Pengisi daya yang ideal adalah pengisi daya yang tegangan keluaran dan Amperenya sinkron dengan daya baterai. Jadi selalu gunakan pengisi daya yang disertakan dengan telepon. Jika rusak, belilah dari pusat layanan resmi merek tersebut.

Perbarui Aplikasi dan Sistem Perangkat Lunak

Memperbarui aplikasi dan sistem perangkat lunak anda ke versi terbaru membantu memperlancar kinerja ponsel anda. Periksa pembaruan sistem melalui Pengaturan> Tentang Ponsel> Pembaruan Sistem. Jika pembaruan tersedia, unduh dan instal. Demikian pula, lihat apakah ada aplikasi di perangkat anda yang perlu diperbarui. Pengguna TECNO, Itel, dan Infinix dapat melakukannya melalui Aplikasi “Phone Master”.

Ganti Baterai

Semua baterai memiliki tanggal kedaluwarsa. Jika masalah ‘baterai telepon sekarat begitu cepat’ berkembang setelah 2-3 tahun pembelian telepon, mungkin sudah waktunya untuk mengganti baterai. Untuk mengonfirmasinya, periksa status kesehatan baterai saat ponsel anda sedang diisi daya. Klik Pengaturan > Tentang Ponsel > Status Baterai. Jika status menunjukkan “buruk” atau pesan apa pun selain “Mengisi daya”, anda harus membawa perangkat anda ke pusat layanan resmi dan mendapatkan baterai asli bermerek.