5 Cara Agar Laptop Tidak Lemot Di Windows 10 Yang Harus Anda Tahu

5 Cara Agar Laptop Tidak Lemot Di Windows 10 Yang Harus Anda TahuCara Agar Laptop Tidak LemotWindows 10 adalah salah satu OS paling up-date yang dikeluarkan oleh microsoft, fitur didalamnya memudahkan pemakai agar dapat menjalankan berbagai program secara mudah.

Jika laptop anda mempunyai OS windows 10 mengalami permasalahan dan lemot, Anda dapat ikuti langkah cara agar laptop tidak lemot di bawah ini :

1. Hapus Program Yang Tidak Anda Gunakan

Saat Anda pertama kali beli sebuah laptop, kemungkinan menemukan beberapa program yang telah terinstall awalnya ataupun lebih dikenali dengan bloatware. Program itu hanya akan memberatkan dan membuat laptop anda jadi lemot, karena itu anda perlu menghapus aplikasi dan program yang tidak digunakan, hal itu dilakukan agar laptop tidak lemot.

2. Matikan Program Yang Otomatis Digerakkan Saat Startup

Beberapa program pada windows 10 akan berjalan secara otomatis saat laptop dihidupkan, maka cara agar laptop tidak lemot matikanlah beberapa program yang jalan saat startup. 

Hal itu untuk menghindar laptop jadi lambat. Bukalah Task Manager dan tentukan tab startup, selalu check didalamnya apakah ada program yang memberatkan proses startup.

3. Pakai Antivirus Yang Ringan

Cara agar laptop tidak lemot berikutnya adalah dengan menggunakan program antivirus yang ringan dan tidak memberatkan laptop anda. Sebagai contoh, saat ini anda dapat menggunakan antivirus seperti norton dan bitdefender yang mudah dan tidak memakan memori yang banyak.

4. Membersihkan Cache Secara Berkala

Cache atau temporary files dalam suatu laptop harus dibikin bersih secara berkala agar laptop tidak lemot saat digunakan. Bukalah file manager, lalu klik kanan pada gambar di harddisk anda (seperti Drive C atau D). 

Click properties lalu tujukan kursor pada tab General dan pencetlah tombol disk cleanup untuk membersihkan cache dan temporary files yang menumpuk.

5. Mengubah Penataan Daya Ke Daya Tinggi (High Performance)

Windows 10 mempunyai feature pengaturan daya laptop yang dapat membuat performa dari laptop menyesuaikan dengan keperluan. Ganti pengaturan daya itu dengan menekan kanan pada gambar battery yang ada di taskbar sisi kanan bawah.

Ganti pengaturan daya jadi high performance agar mengoptimalkan kekuatan dari laptop dan juga agar laptop tidak lemot.

Penyebab Laptop Lemot Yang Sering Sekali Terjadi

5 Cara Agar Laptop Tidak Lemot Di Windows 10 Yang Harus Anda TahuLaptop mempunyai peranan yang paling bermacam, anda dapat memanfaatkan laptop secara mudah untuk berbagai kepentingan. Dimulai dari bekerja, menikmati waktu santai sampai berkomunikasi sama orang lain secara mudah. 

Dengan mempunyai laptop, akan menolong untuk tingkatkan keproduktifan anda. Saat ini, telah ada banyak opsi laptop yang dapat anda beli disesuaikan dengan anggaran yang dipunyai.

penting untuk anda pemilik laptop mengetahui cara agar laptop tidak lemot, dengan begitu umur laptop anda juga akan bertahan lama.

Apapun itu jenis dan merek laptopnya, baik itu memiliki harga yang murah atau mahal, laptop merupakan mesin yang harus dirawat secara baik. Sebuah mesin yang dibiarkan bekerja secara terus-terusan tanpa perawatan bukan hal yang bagus. 

Bersamaan dengan perjalanan waktu, mesin akan mengalami pengurangan kekuatan dan memerlukan tangan manusia secara langsung agar performanya dapat tetap terjaga secara baik.

Laptop yang mulai terasa lemot pasti mempunyai banyak pemicu, di bawah ini adalah beberapa pemicu khusus laptop yang membuat laptop anda lemot :

1. Usia Laptop Yang Sudah Tua

Tidak ada perangkat keras yang dibuat secara sempurna, karena semua mempunyai umur pemakaiannya sendiri. Umur pakai dari tiap perangkat keras dibuat berbeda dan menyelaraskan dengan fungsinya sendiri. 

Jika perangkat itu banyak digunakan, maka otomatis usia pemakainya pun akan menyusut jadi lebih pendek lagi. Dan bila laptop sudah tua, anda juga perlu memperhatikan cara agar laptop tidak lemot, beberapa laptop tua sangatlah lemot.

2. Jarang-jarang Membersihkan Bagian Dalam Laptop

Debu akan terakumulasi pada tiap sisi dalam netbook yang terbuka. Kipas netbook akan menghisap debu dengan jumlah yang banyak dan Anda harus secara periodik bersihkan kipas dan sisi dalam dari sebuah netbook. 

Jika debu telah terlampau menimbun pada kipas dan sirkulasi maka netbook dapat alami lelet bahkan juga hancur jika terlampau panas.

3. Hard disk yang Sangat Penuh

Tiap laptop diberi dengan kemampuan penyimpanan yang berbeda, tiap laptop kekinian yang ada saat ini telah diberi media penyimpanan minimal minimum 500GB.

Untuk anda yang banyak meng-install program dan suka menyimpan berbagai film dan musik, kemungkinan merasakan kemampuan penyimpanan mulai berkurang.

Harddisk yang terlampau penuh akan membuat performa dari laptop jadi lebih lambat dan membuat semua proses jadi lemot untuk dilakukan.

4. Kemampuan RAM Yang Tidak Mencukupi

RAM atau disebutkan sebagai Random Access Memory mempunyai peranan untuk menyimpan beberapa program secara sementara, terutama saat program itu sedang dibuka. 

Makin penuh kemampuan RAM dari sebuah laptop, maka otomatis laptop bisa menjadi lambat dan beberapa program kemungkinan ada yang tidak dapat terbuka secara baik.

5. Menjalankan Prosessor Dengan Aplikasi Berat

Tidak semua prosesor dalam suatu laptop direncanakan untuk menjalankan program dengan kekuatan yang serupa. Jika kekuatan processor laptop anda tidak dirancang untuk kuat jalankan sebuah program, maka laptop bisa menjadi lemot bahkan juga dapat mengalami crash.

Itu alah 5 cara agar laptop tidak lemot dan juga alasan laptop sering kali lemot, dengan mengetahui cara agar laptop tidak lemot, anda akan cepat mengoperasikan laptop untuk kebutuhan yang anda perlukan.